Kamis, 22 Oktober 2020

24 Hal yang kusadari diusia 24

Sebenarnya ultahku udah lewat sebulan lalu, dan nulis ini udah lama juga. Cuma baru ini aja sempat dan kebetulan mood lagi bagus. Ya Allah se moody ini, padahal nggak sibuk juga. 

Langsung aja dah ke poin-poin sesuai judul, '24 Hal yang kusadari diusia 24' 

1. Teman dan orang terdekat lebih penting dari pada pekerjaan dan usahamu. Usaha dan pekerjaanmu bisa saja gagal, tetapi orang terdekat tak akan pernah pergi.

2.  Tak perlu disukai semua orang. Gak masalah ada yang tidak menyukaimu. Hidupmu bukan untuk menyenangkan semua orang.

3. Akan banyak teman dan sahabat yang datang dan pergi. Jika ada yang tetap tinggal disisimu hingga kini, barangkali mereka lah yang terbaik. Terus jaga persahabatan itu sebab sebagian hanya datang saat butuh dan menghilang saat tak merasa perlu. 

4. Kepergian seseorang menunjukkan bagaimana kualitas hubungan kalian. Jadi kalau ada yang ingin pergi, menghilang dan tanpa kabar artinya kamu gak sepenting itu untuk dia.

5. Terbuka untuk beberapa hal terkadang cukup membantu. Gak baik juga terlalu menutup diri karena ketakutan diabaikan dan dicaci, nyatanya masih banyak orang yang menghargai usahamu diluar sana. Percaya deh, banyak orang yang sama-sama berjuang sepertimu.

6. Jangan terlalu sering menahan diri, nanti kamu lupa caranya berekspresi. Kamu merasakannya, rasa sakit, sedih, marah, kesal tunjukkan saja. Perasaanmu itu penting, keseringan tidak digunakan nanti kamu mati rasa.

7. Cinta gak serumit itu. Misalnya seberapa dalam pun kamu pernah menginginkan seseorang pada akhirnya jika tak bersama denganmu dia akan menikah dengan orang lain. Dan itu sangat normal, bahkan hampir tak berefek pada kehidupanmu bukan?

8. Mencintai itu hal mahal, lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Banyak orang diluar sana yang berharap benar-benar merasakan apa itu cinta. 

9. It's okey kehilangan kontrol sesekali. Kamu manusia kok bukan robot. Sensasinya seru loh saat kamu cuma ngikutin insting dan kata hatimu. 

10. Menikah gak semudah dan seindah yang dipikirkan. Semakin mendekati usia pantas menikah, semakin menakutkan, hih...Banyak yang harus di persiapan biar pantas nikah.

11. Ada hal-hal yang terlewatkan dan kita sesali. Lupakan dan jadikan pelajaran diri.

12. Ambil lebih banyak foto. Jangan malas berfoto, karena suatu saat foto bakal jadi pengingat masa-masa lampau yang kamu lewati, juga  jadi dokumentasi atas moment-moment yang barangkali saat ini tak kamu anggap berarti. Tapi suatu hari akan kamu cari.

13. Lebih banyak berteman itu perlu, walau sendiri menyenangkan, hehehe...

14. Ingat-ingat apa aja barang milikmu yang berharga. Jangan abai sama barang sendiri susah loh ngedapatin sesuatu.

15. Gak ada kata menunggu, 'umurku kian bertambah jadi waktu yang dilewati harus lebih berarti setiap hari' tanamkan dalam diri.

16. Bertemu banyak orang dan pergilah ke banyak tempat. Setiap peristiwa menambah pengalaman, pengetahuan dan kenalan atau mungkin jodoh, eh.

17. Jangan memaksakan sesuatu hal menjadi milikmu, karena bisa jadi memang bukan hakmu. Percayalah segala sesuatu yang dipaksa itu nggak baik.

18. Nikmati masa mudamu. Belajar, bekerja, bermain dan tidak apa-apa jatuh cinta. Masa depan perlu, tapi masa sekarang tidak kalah penting untuk dinikmati.

19. Gak masalah kalau orang lain tahu kamu suka sama sesuatu hal. Itu bukan aib, kamu saja yang overthinking. Sesuatu terlihat keren padamu saat kamu percaya diri.

20. Mencintai mudah, yang lebih sulit adalah dicintai. Sebab kamu bisa mengontrol perasaanmu tapi tidak dengan perasaan orang lain. Yah itu cukup menyusahkan.

21. Cinta bisa datang diwaktu yg tak disangka-sangka. Jangan bego-bego amat ya!  Karena gak semua yang ada didunia ini tentang cinta-cintaan.

22. Kalau sudah dewasa memang enaknya tinggal sendiri, mandiri jauh dari keluarga. Karena terkadang ortu gak paham ingin kita, ngerasa kita masih anak-anak padahal umur makin lama kian menua. 

23. Unfoll, mute story kawan yang toxic buat jiwamu, sah-sah aja kalau kamu merasa lebih baik setelahnya. 

24. Kamu cantik, kamu baik, kamu adalah kamu. 


Semoga semakin dewasa dan target hidup tercapai, selain itu  semoga bumi  kembali pulih, agar hidup kembali tertata dan sesuai rencana.


0 comments: